Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik

  • Yunardi Kristian Zega STT Real Batam
Keywords: guru PAK, kecerdasan spiritual, media pembelajaran

Abstract

Di zaman era teknologi saat ini, guru dituntut agar mampu menciptakan pembelajaran yang menarik agar tidak kalah dengan teknologi dan dunia hiburan yang ada di luar sana. Untuk itu, guru perlu mengurangi metode ceramah, terlebih pada kegiatan pembelajaran yang menekankan keterampilan proses dan active learning, melainkan guru harus kreatif dalam memanfaatkan teknologi khususnya media pembelajaran di sekolah. Walaupun demikian, sampai saat ini masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran karena adanya berbagai macam alasan/kendala dari para guru, khususnya guru pendidikan agama Kristen (PAK). Oleh sebab itu, peneliti merasa penting untuk membuat konsep mengenai betapa pentingnya peran guru PAK agar mampu memanfaatkan media pembelajaran. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Dengan tujuan untuk memberikan konsep bagaimana peran guru PAK dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah guru PAK haruslah seseorang yang kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan media pembelajaran karena dapat membantu guru dan siswa agar tercipta suasana kegiatan belajar yang lebih efektif dan efesien di zaman sekarang. Terkait hal tersebut, guru PAK dapat memanfaatkan media visual, media audio, dan media audio visual untuk membantu peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik yang diajar.

References

Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JPPP - Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 68–75. https://doi.org/10.21009/JPPP.072.02

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Fiah, R. El. (2014). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 85–92. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1450

Indriani, F. (2015). Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak di Sekolah Dasar. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter, 100–110. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6014/9_Fitri Indriani.pdf?sequence=1&isAllowed=y

May, F. T. (2019). Tanggung Jawab Guru Dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. KALUTEROS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 1(2), 103–125. https://doi.org/10.1234/kaluteros.v1i2.12

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1770

Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i1.2622

Saputra, G. W., Rivai, M. A., Su’udah, M., Wulandari, S. L. G., Dewi, T. R., & Fitroh. (2017). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional dan Sosial) Studi Kasus: Anak-Anak. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 77–88.

Sianipar, D., Rambitan, S., Sairwona, W., & Zega, Y. K. (2020). Pelatihan Penggunaan Metode Mengajar Remaja di Masa Pandemi Covid-19 di HKBP Resort Jatisampurna Bekasi. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 2(2), 406–428. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1963

Sianipar, D., Sairwona, W., Hasugian, J. W., Ritonga, N., & Zega, Y. K. (2021). Teaching anti-discrimination attitudes through christian religious education in school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 275. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.4101

Susanti, & Zulfiana, A. (2017). Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran. http://eprints.umsida.ac.id/1635/

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 219–231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Tjasmadi, M. P. (2018). Teknologi dan Media Pembelajaran PAK,. Penerbit Views.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93

Zega, Y. K. (2020). Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 12(2), 140–151. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.488

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. JURNAL LUXNOS, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145

Published
2022-06-30
How to Cite
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70 - 92. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41